Review

Tales of Arise

oleh: Christa

Halaman 2

Mekanisme Pertarungan yang Seru dan Klasik




Mekanisme pertarungan Tales of Arise bisa dikatakan masih serupa dengan seri Tales pada umumnya. Bagi fans setia Tales besar kemungkinan tentu akan terbiasa dengan sistem battle di dalamnya, karena masih menerapkan model action hack and slash tanpa random encounter yang seringkali menyebalkan di beberapa judul game. Pemain bebas mengaktifkan skill spesial, menyerang dengan Artes, dan menghindari musuh sebisa mungkin. Cakupan area battle di Tales of Arise tergolong cukup luas sehingga memudahkan pemain ketika ingin menghindari serangan musuh. Berkat tampilan layout battle yang minimalis, pemain dapat melihat bahwa di akhir pertarungan tidak ada scene khusus. Result pertarungan justru ditampilkan secara sederhana di pojok kiri ketika karakter sudah kembali ke luar kota.

Baca ini juga :

» Battlefield 2042
» Secretlab TITAN Evo 2022 Monster Hunter Edition
» BenQ MOBIUZ EX3415R Ultrawide Curved Gaming
» Marvel's Guardians Of The Galaxy!
» FIFA 22



Bosan pakai protagonis? Pemain tidak perlu khawatir. Pasalnya game ini memungkinkanmu untuk berganti karakter dalam bertarung maupun party leader selama eksplorasi. Misalnya kami memakai Shionne karena bisa menyerang dari jauh dan memiliki pergerakan yang lebih cepat dan gesit. Semua bergantung ke selera pemain. Apabila lebih suka menggunakan serangan magis, Rinwell adalah jawabannya. Bukan sekadar alasan itu saja, berganti karakter juga membuat pemain dapat bereksperimen dengan bagaimana cara mereka menyerang, hingga mengaktifkan Artes secara leluasa. Selain itu, masing-masing karakter juga memiliki spesialisasi masing-masing yang dinamai semacam “perk”.




Seperti yang disebutkan di atas, perk setiap karakter berbeda-beda bergantung pada jenis serangan mereka. Kami beri contoh seperti Alphen yang dapat mengorbankan sedikit HP untuk melancarkan serangannya dengan pedang apinya. Atau misalnya Kisara yang agak kesulitan untuk menghindari musuh dengan evade, namun bisa menangkis serangan musuh dengan perisainya. Kebalikannya, Dohalim mampu melakukan evade hingga dapat melancarkan serangan kritikal dengan tongkat panjangnya. Akan lebih mudah memahami serangan setiap karakter, termasuk perk mereka jika pemain berganti karakter. Bahkan juga menjadi lebih paham seperti apa strategi yang digunakan, mengingat AI masing-masing party juga tidak seburuk yang dikira.




Adapun salah satu mekanisme combat yang ditampilkan di Tales of Arise, yaitu Boost Attack. Sesuai dengan namanya, Boost Attack merupakan salah satu jenis serangan spesial yang dapat dilancarkan oleh satu karakter, dengan menghasilkan efek berbeda dan damage yang lebih besar. Untuk mengaktifkan Boost Attack, pemain perlu mengisi Boost Gauge terlebih dahulu, yang bisa didapatkan melalui serangan normal. Setelah terisi, ikon setiap karakter akan tampak menyala dan menjadi pertanda bagi pemain untuk bisa mengaktifkannya. Namun perlu diingat bahwa cooldown untuk melancarkan jenis serangan ini tidaklah cepat. Sehingga pemain perlu mengatur kembali kapan waktu yang tepat untuk mengaktifkan Boost Attack.




Selain Boost Attack, ada juga Boost Strike, yang memungkinkan antar karakter untuk saling bersinergi dalam mengeksekusikan serangan yang luar biasa. Jenis serangan ini bisa dibilang sebagai serangan combo, yang tentunya dapat mengurangi HP musuh secara drastis atau bahkan K.O instan. Namun kami sarankan untuk mengaktifkan Boost Strike ketika HP musuh sudah mendekati akhir. Guna mengaktifkannya, pemain akan menerima semacam peringatan bertuliskan STRIKE atau ketika memiliki jumlah Combo Count yang tinggi. Seperti Boost Attack, meningkatkan jumlah Combo Count adalah dengan cara melakukan serangan normal maupun penggunaan Artes dan Boost Attack secara terus-menerus.




Selanjutnya ada Mystic Artes, yang menurut kami merupakan serangan spesial yang paling kuat jika dibandingkan kedua jenis serangan di atas. Para penggemar setia Tales tentu tidak asing dengan Mystic Artes, yang kental dengan ciri khas cutscene karakter ketika menunjukkan gerakan terkuatnya. Di beberapa seri Tales, ada beberapa kondisi tertentu untuk mengaktifkan Mystic Artes. Berbeda di Tales of Arise, yang justru memungkinkan pemain untuk membukanya dengan mengaktifkan mode Over Limit. Guna masuk ke dalam mode tersebut, pemain harus melakukan evade yang sempurna (Perfect Evasion). Ketika menggunakan Mystic Artes, maka mode Over Limit juga akan berakhir. Kami merekomendasikan pemain untuk mengaktifkan Artes normal terlebih dahulu sebelum melancarkan Mystic Artes.




Untuk mengaktifkan serangan atau skill Artes, diperlukan Artes Gauge yang terisi secukupnya. Artes Gauge atau AG merupakan resource berwarna biru, yang memungkinkan setiap karakter mengaktifkan Artes dalam pertarungan. Setiap Artes yang dimiliki karakter juga memiliki jumlah konsumsi AG yang berbeda-beda. Apabila ingin mengisi AG kembali, salah satu triknya adalah berhenti menyerang sementara waktu, menghindari serangan musuh, dan menunggu sampai AG terisi secukupnya. Apabila level dan karakter semakin kuat, maka pemain bisa mendapatkan kesempatan untuk membuka Artes yang lebih kuat juga.




Layaknya game JRPG maupun action adventure pada umumnya, Tales of Arise juga menghadirkan sistem Skill Tree, yang dinamai sebagai Skill Panel. Untuk membuka berbagai skill, diperlukan Skill Point (SP) yang bisa didapat dari akhir battle dan menyelesaikan misi. Bukan hanya Artes, Skill Panel juga mencakup kemampuan lainnya seperti membuka buff untuk karakter, meningkatkan jumlah Artes Gauge, dan lainnya. Meningkatkan jumlah AG menjadi salah satu skill yang lebih dianjurkan untuk dibuka di Skill Panel. Agar karakter bisa mengaktifkan Artes secara terus-menerus, serta melakukan cooldown dalam waktu yang tidak lama untuk mencapai mode Over Limit.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview