Release Date29 August 2023
ESRB RatingEveryone
GenreRole-Playing Game
Publisher
Sabotage Studio

Developer
Sabotage Studio

Console
KOTAK GAME RATING
85
PLAYER RATING
96
BERI RATING
Review

Review: Sea of Stars

oleh: Ridwan Ura

Halaman 2

Turn-Based Tanpa Bikin Ngantuk!


Gameplay Turn-Based dengan modifikasi di beberapa aspek ini sungguh inovasi yang cemerlang dari developer, pemain dapat menambah serangan dan mengurangi damage yang masuk dengan menekan tombol di waktu yang tepat, mirip seperti sistem Perfect Parry namun digunakan dalam aksi yang berbeda. Hal ini bisa bikin kita gregetan pengen punya timing yang lebih sempurna di setiap pertarungan.

Baca ini juga :

» Star Ocean: The Second Story r Review
» Kita Cobain Starfield, Jelajahi Luar Angkasa Seseru Itu?
» Crisis Core: Final Fantasy VII Reunion
» Perfect World VNG - Fly With Me, MMORPG Legendaris PC dengan Versi Mobile yang Punya Kualitas Seband
» Review: Guardian Tales, RPG Petualangan Besar Dibalik Grafis yang Imut

Aspek strategi dalam game ini cukup sederhana namun dapat disuguhkan dengan cara yang unik, seperti Live Mana yang didapatkan dari pecahan Orb ketika melakukan Normal Attack dan Combo yang akan terisi otomatis ketika menyerang atau diserang. Satu hal yang bikin kami betah juga adalah tidak adanya transisi saat memasuki pertarungan melawan monster di map, sehingga permainan terasa begitu mulus dan cepat.

Banyak Aspek Menarik tapi Belum Sempurna


Sea of Stars memang berhasil memanjakan pemainnya lewat beragam fitur yang ditawarkan, namun tetap ada beberapa aspek yang masih bisa disempurnakan. Salah satunya adalah ketidakhadiran pengisi suara yang tak harus berupa dialog, tetapi cukup dengan sedikit suara saat awal dialog, melakukan serangan, dan melakukan beragam aksi saat eksplorasi.


Sistem pengembangan Build dan Status karakter yang terlalu sederhana juga tidak memberikan cukup banyak gaya bermain untuk kita pilih sesuai selera. Hal ini sedikit disayangkan ketika cerita telah berlanjut lebih jauh, satu-satunya hal yang bisa kita tingkatkan hanyalah akurasi saat melakukan Perfect Timing.

Kesimpulan


Grafis 16-bit dari game ini terasa begitu nostalgia, namun tetap memberikan kesan modern dengan mulusnya animasi dan efek yang begitu memanjakan mata. Satu hal yang kami gak boleh lupa sebut adalah musiknya yang bikin betah banget untuk main berlama-lama, terutama pada saat kita masuk ke pertarungan. Sistem pertarungan yang juga inovatif memberikan suasana baru dalam genre Turn-Based.


Sabotage Studio selaku pengembang berhasil membawakan angin segar untuk penggemar JRPG dengan Sea of Stars. Sebuah game bergaya klasik dengan sistem yang modern. Sebagai tambahan, kami sarankan memainkan game ini menggunakan kontroler agar lebih mudah dalam navigasi melakukan Perfect Parry. Bagi yang penasaran sama game ini kamu bisa mainkan di Nintendo Switch, PS4, PS5, Xbox Series X / S juga PC via Steam, dan Sea of Stars juga tersedia di Xbox PC Game Pass.

Kesimpulan Review: Sea of Stars

85KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Sistem Pertarungan Inovatif
  • Eksplorasi yang Beragam
  • Grafis Pixel yang Memukau
  • (-) KEKURANGAN
  • Kombo Kurang Variatif
  • Tidak Ada Pengisi Suara

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview