Review

Playstation 4 Pro

oleh: Cralizer77

Halaman 2

Di dalam, PS4 Pro dibekali GPU baru dengan kinerja mencapai 4,2 teraflop, juga CPU AMD “Jaguar” yang diperbarui untuk mendukung fungsi 4K, HDR, juga Virtual Reality (VR). PS4 Pro yang memiliki kapasitas harddisk standar sebesar 1 TB diklaim Sony memiliki performa dua kali lebih tinggi dari PS4.

PS4 Pro memiliki bentuk yang paling besar dengan bobot 3,3 Kg, sama seperti kedua versi lainya, versi pro ini memiliki kapasitas RAM sebesar 8GB. Selain itu, yang paling membedakannya adalah segi fitur yang sangat lengkap seperti adanya port digital output dan jaringan wireless yang lebih baru sehingga transfer data semakin lebih cepat.

Berikut detail spesifikasi PS4 Pro yang bisa kalian lihat pada daftar tabel di bawah ini.


Di bawah ini merupakan bagian setiap sisi dari PS4 Pro yang bisa kalian lihat.



Depan

Samping kanan

Belakang

Samping kiri

Hal paling menarik perhatian dari desain PS4 Pro ini adalah bentuknya yang memiliki tiga lapis, berbeda dengan varian sebelumnya yang hanya memiliki dua lapis, PS4 Pro justru lebih keren dengan postur besar dan bentuk yang berlapis tersebut. Seluruh bagian badan hanya menggunakan bahan matte yang menambah ketampanan konsol milik Sony ini.

Di bagian depan, kalian dapat melihat kembali tombol fisik dengan tidak ada fitur sensor yang justru merepotkan ketika kalian tidak sengaja menyentuhnya.

Di bagian belakang dari konsol PS4 Pro, kalian akan dapat menamukan ventilasi untuk mengeluarkan hawa panas mesin. Selai itu, kalian juga akan menemukan port untuk kabel HDMI, power, auxiliary (untuk PlayStation Camera), LAN, serta digital optical output untuk audio jika kamu menggunakan perangkat audio tambahan.

Untuk penyimpanan hard disk berada di bagian belakang bawah kanan dari PS4 Pro, namun untuk mengeluarkannya tentu kalian akan berhadapan dengan segel garansi yang tentu sangat tidak dianjurkan untuk dibuka karena dapat menghilangkan klaim garansi.

Pada setiap pembelian PS4 Pro, kalian telah akan mendapatkan sebuah kontroler DualShock 4 generasi baru, perbedaan dengan generasi sebelumnya adalah adanya cahaya lampu LED yang berada di bagian touch pad. Lampu LED tersebut akan berkedip-kedip ketika menekan tombol Home PlayStation. Dari sisi ergonomi, DualShock 4 generasi baru sangat nyaman digenggam dan tidak menyebabkan "slip".

Keunggulan yang dimiliki oleh PS4 Pro diantaranya:


4K Gaming

PS4 Pro bisa menampilkan dan menikmati konten grafik luar biasa dalam pengalaman bermain di resolusi ultra HD 4K dengan resolusi (3840 x 2160), kualitas 4x lebih bening dari Resolusi Full HD.

HDR

Singkatan dari High Dynamic Range yang akan menampilkan Konten grafik lebih berwarna dengan kontras serta pencahayaan yang lebih natural dan lebih nyata.

HDTV Recognition

PS4 Pro bisa mendeteksi semua resolusi HD dari 720 hingga 4K dengan peningkatan grafik dan performa optimal.

PlayStation VR

Bermain game Virtual Reality lebih baik performanya jika menggunakan PS4 Pro dengan spek mesin yang lebih baik.

Pro Share

4K screenshots, 1080p video, 1080p60 YouTube streaming

Enhanced Wifi

Peningkatan Wifi dengan teknologi - 5GB IEEE 802.11 a/b/g/n/ac mengjangkau area ke modem atau router lebih jauh.

Enhanced Streaming

Remote Play up to 1080p di PC, Mac dan Xperia, Share Play dari PS4 Pro dengan resolusi 1080p.


Serta stik DualShock 4 memiliki lampu strip menyala di touch pad dan data transfer USB yang ditingkatkan.

Dengan spesifikasi yang telah dijelaskan pada tabel, PS4 Pro akan memiliki kualitas yang ditingkatkan dan perbaikan frames per second (fps) yang lebih stabil jika dalam resolusi FHD namun akan lebih tinggi jika lebih tinggi pada resolusi 4K. Sebagai tambahan, beberapa game yang dirender in-game di bawah FHD maka mesin akan memproses otomatis ke FHD melalui patch, sedangkan di atas itu maka akan menyesuaikan dengan performa mesin dan dari game dev itu sendiri.

Meskipun memakai televisi 4K, sebagian gambar akan mengalami upscale namun dengan teknik render tertentu maka akan tetap menghasilkan gambar yang setara dengan resolusi asli dari pixel di layar sehingga tetap menghasilkan gambar yang detail.


Dari segi komsumsi listrik, PS4 Pro bisa mencapai 310 watt dan tentu lebih boros daripada PS4 biasa atau PS4 Slim yang justru lebih irit.

Tidak semua televisi 4K dapat memaksimalkan kekuatan yang ditampilkan oleh PS4 Pro, sehingga pastikan televisi yang kalian gunakan juga telah mendukung 4K dan HDR, karena fitur HDR hanya terdapat pada fitur televisi itu sendiri. HDR merupakan High Dynamic Rance yakni fitur gambar yang akan meningkatkan kedalaman warna serta peningkatan kontras yang tinggi, sehingga menghasilkan gambar yang lebih kaya warna dan detail mendekati penglihatan natural mata kita dibanding dengan kualitas standar yang masih memperlihatkan detil kurang jelas.

Baca ini juga :

» Review MSI Cyborg 14 A13VF
» Rise of the Ronin - Review
» The Last of Us Part II Remastered
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED

Untuk menikmati fitur 4K dan HDR secara maksimal, setiap pembelian PS4 Pro sudah tersedia kabel HDMI kelas premium guna menikmati keunggulan yang disajikan.

Setelah membahas bentuk dan fitur yang dimiliki dari PS4 Pro, lanjut ke bagian poin software, aksesoris, dan lain-lain, kalian bisa lihat dihalaman berikutnya.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview