Review

Playstation 4 Pro

oleh: Cralizer77

Halaman 3

Software


Dari sisi software, Sony memang telah menjanjikan dukungan software yang dapat memaksimalkan kinerja dari PS4 Pro. Dimana Sony telah menyediakan berbagai judul game eksklusif yang telah dirilis maupun yang telah dipersiapkan untuk PS4 Pro. Sony juga telah menginstruksikan developer yang menghadirkan game eksklusif untuk mengembangkan kembali game yang telah dirilis dengan memiliki kualitas resolusi tinggi agar dapat dirasakan maksimal pada PS4 Pro. Beberapa game yang mendapatkan peningkatan kembali, diantaranya Horizon: Zero Dawn, Uncharted 4: A Thief's End, NioH, dan lainnya.

Tidak semua game mendapatkan pengembangan yang maksimal, ada pula developer yang justru memberikan dua pilihan untuk pengguna PS4 Pro, dimana penggunanya dapat memilih pilihan kualitas resolusi 4K yang dapat berjalan dengan 30 fps atau 1080p dengan 60 fps.

Tentunya dengan keputusan tersebut, developer seperti terkena "pedang bermata dua", karena di satu sisi, developer dapat bereksperimen dengan kemampuan konsol yang lebih baik dan tinggi, tetapi di sisi lain, developer juga harus memastikan game yang dirilis dapat dimainkan dan berjalan lancar di PS4 generasi sebelumnya.

PS4 Pro juga telah mendapatkan update firmware 4.50 dan di dalamnya terdapat fitur Booster Mode, Booster Mode pada PS4 Pro ini sama seperti sistem booster pada perangkat PC, dimana sistem ini meningkatkan kinerja GPU dan CPU untuk dapat menghasilkan performa yang lebih baik ketika menjalankan beberapa game yang belum mendapatkan optimalisasi oleh pihak developer, salah satu contohnya game Bloodborne yang telah dirilis untuk PS4 tahun 2015 lalu. Sehingga game tersebut mendapatkan jumlah frame rates yang lebih tinggi dari sebelumnya menjadikan gameplay lebih halus dan tentunya waktu loading yang lebih cepat.

Baca ini juga :

» Review MSI Cyborg 14 A13VF
» Rise of the Ronin - Review
» The Last of Us Part II Remastered
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED

Aksesoris


Ketika kalian membeli atau meng-upgrade menjadi PS4 Pro, aksesoris yang telah dibeli untuk PS4 generasi sebelumnya tidak akan mubazir. Kalian akan tetap menggunakan aksesoris atau membeli aksesoris yang telah beredar dipasaran. Beberapa aksesoris yang kini tersedia untuk PS4 diantaranya PlayStation VR, PlayStation Camera, PS4 Platinum Wireless Headset, dan lainnya.

Game


Karena PS4 Pro dapat menghasilkan kualitas resolusi 4K, maka Sony juga memastikan bahwa konsol tersebut dapat memainkan game yang memaksimalkan kemampuannya. Kini tersedia lebih dari 40 game yang telah mendukungan resolusi 4K dan HDR, sehingga kalian tidak perlu khawatir mengenai minimnya game 4K yang diperuntukan untuk PS4 Pro, karena Sony sampai saat ini masih memfokuskan untuk memberikan pengalaman bermain game dengan resolusi tinggi dan masih menyimpan beberapa game yang wajib kalian miliki nantinya setelah memiliki PS4 Pro.

Setelah membahas poin di atas, hal lain yang paling penting adalah keberadaan PS4 Pro di Indonesia itu sendiri. Saat ini PS4 Pro dibanderol dengan kisaran harga IDR 6.1 juta hingga IDR 6.9 juta, varian harga tersebut tergantung dari retail yang menjualnya.

Untuk harga PS4 Pro yang diberikan oleh retail resmi yang ditunjuk oleh Sony Indonesia memang harganya cukup mahal dibandingkan dengan retail biasanya. Namun harga tersebut sebanding dengan apa yang kalian dapatkan, karena barang tersebut resmi dari Sony Indonesia sehingga mendapatkan kartu garansi selama satu tahun, yang sangat berguna untuk melakukan klaim apabila PS4 Pro kalian rusak atau cacat pada saat pembelian.

Kesimpulan


Tidak bisa dipungkiri lagi, PS4 Pro merupakan konsol terbaik yang pernah dirilis Sony saat ini. Tidak hanya kekuatan yang ditawarkan namun segudang fitur yang bisa kalian nikmati untuk memanjakan mata ketika bermain game, sangatlah wajar ketika mengeluarkan uang yang cukup untuk hal tersebut.

Kalian akan dapat merasakan pengalaman bermain game yang "hampir setara" dengan spesifikasi PC "high end" namun dengan budget yang tidak terlalu tinggi. PS4 Pro menghadirkan sensasi bermain game dengan resolusi 4K dan HDR, namun untuk mewujudkannya kalian memang lebih dulu memiliki perangkat televisi yang mendukung, dimana saat ini televisi yang telah memiliki fitur 4K dan HDR masih tergolong cukup mahal.

Jadi apakah konsol PS4 Pro layak untuk kalian miliki? Jawabannya adalah tergantung dari diri kalian sendiri, tingkat kemampuan dan kebutuhan setiap gamer berbeda-beda. PS4 Pro sangat cocok dimiliki untuk kalian yang ingin merasakan bermain game ke level selanjutnya dan memiliki budget yang mendukung, namun kalian tetap bisa menikmati game kesayangan dengan konsol PS4 biasa atau PS4 Slim yang lebih terjangkau dan memiliki bentuk yang ringkas.


Ngomong-ngomong, ingin punya konsol PlayStation 4 Pro? KotakGame bisa memberikannya untuk kamu secara gratis. Mau Tahu caranya!? Dalam rangka memeriahkan peluncuran konsol PlayStation 4 Pro di seluruh dunia, KotakGame bersama Playstation Asia menyelenggarakan event polling berhadiah konsol terbaru, yakni PlayStation 4 Pro..

Kalau kamu mau ikutan event bertajuk "Polling KotakGame & PlayStation Asia Berhadiah PlayStation 4 Pro" ini, caranya gampang banget kok. Kamu hanya perlu mengisi polling yang terdapat pada link yang ada di sini..

Itulah ulasan KotakGame mengenai konsol PS4 Pro, sampai jumpa pada ulasan berikutnya ya!

(KotakGame)

Kesimpulan Review: PS4 Pro

85KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Bisa gaming 4K dan HDR
  • FPS tinggi pada resolusi 1080p
  • Spesifikasi tinggi
  • Konektifitas seperti Wifi dan LAN sangat cepat
  • (-) KEKURANGAN
  • Bobot cukup berat
  • Kipas yang berisik
  • Boros listrik


(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview