Review

HP14-EM0014AU

oleh: Yohanes

Halaman 4

PERFORMA dan BENCHMARK





Seperti yang tadi sudah kami sebutkan, laptop ini sudah sangat update dengan Ryzen 7000 series yaitu Ryzen™ 3 7320U, dengan 4 core dan 8 thread, boost clock di 4,1 GHz.

Karena ini laptop basic yang tidak perlu GPU diskrit, tentu pengolah grafisnya pakai iGPU on board dari CPUnya yaitu AMD Radeon™ 610M, RAM 2x4GB 5500Mhz LPDDR5 yang bersifat on-board jadi sudah tidak bisa diupgrade lagi, sedangkan untuk storage NVMe M.2 SSD berkapasitas 512 GB yang tidak disebutkan ini sudah berada di PCIe gen berapa, tapi kalau kita lihat hasil pengetesan kecepatan-nya sih:




Yang berada di Sequential Read di 1,7 GB/s dan Sequential Write di 1,7 GB/s yang setara dengan PCIe gen 3.




Namun uniknya SSD yang digunakan adalah WD PC SN740 yang dari spesifikasinya mengatakan bahwa ini adalah SSD PCIe gen 4, jadi jelas ada limitasi yang menyebabkan speed SSDnya gak berjalan maksimal, sayang banget ya.

Baca ini juga :

» Review HP Envy MOVE AIO 24-CS003D
» OMEN by HP 16 WF0031TX
» ASUS ROG Ally
» MSI Bravo C7VF
» HP Pavilion Aero 13-BE2001AU

Kami juga sudah menguji laptop ini dengan beberapa software seperti Geekbench 6, Cinebench R23, PC Mark10, 3D Mark Fire Strike, dan Time Spy. Ini dia hasilnya.




Ya hasilnya sudah terbilang cukup baik, khususnya di benchmark CPU, apalagi jika kita kembali mengingat kelas laptop ini yang memang berada di kelas budget, angkanya sudah kerasa lumayan banget.




Tidak berhenti disitu saja, kami juga sudah melakukan uji coba gaming tipis-tipis nih, meski ini bukan laptop yang diperuntukan untuk gaming tapi biar kebayang aja performanya sampai mana.




Ternyata laptop ini masih bisa banget diajak main game-game esports seperti DOTA 2 yang udah bisa jalan rapi di 60 average FPS atau Valorant yang di 81 average FPS.




Bisa dipakai main Genshin gak? Bisa dong, sudah bisa dapat average 36 FPS, jadi iGPU-nya ternyata sudah cukup oke lah ya.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview