NEWS

APU AMD Ryzen 8000 "Strix Point" Dikabarkan Memiliki 4xZen5 dengan 8xZen5c core

Aeprukmana   |   Senin, 31 Jul 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Seri APU next-gen AMD yang akan datang, berdasarkan arsitektur Zen5, dikabarkan akan mengadopsi desain hybrid, menggabungkan kode Zen5 dan Zen5c. Namun demikian, konfigurasi spesifik chip ini belum dikonfirmasi secara resmi.

Laporan mengenai seri AMD Strix APU mulai bermunculan beberapa bulan yang lalu, dan baru-baru ini, benchmark Strix Point APU pertama ditemukan, menunjukkan bahwa pengujian awal sedang berlangsung. Benchmark tersebut mengonfirmasi konfigurasi 12-core untuk prosesor tersebut, tetapi susunan core hybrid yang tepat masih belum diketahui.

Menurut Olrak29, APU Strix Point diperkirakan akan memiliki empat core Zen5 dan delapan core Zen5c. Di sisi lain, varian APU yang lebih besar, yang dikenal sebagai Strix Halo atau Sarlak, disebut-sebut memiliki 16 inti Zen5 yang dibagi menjadi dua chiplet, mirip dengan versi desktop. Perbedaan utama antara versi desktop dan varian 'ultimate APU' terletak pada IO die, yang menjadi tempat GPU, demikian klaim leaker lain. Prosesor desktop akan memiliki GPU yang kurang mumpuni, sedangkan varian Halo dikabarkan akan menggabungkan hingga 40 Compute Unit, seperti yang disarankan oleh laporan sebelumnya.

Baca ini juga :


» AMD Rilis Ryzen 7000 Series Desktop, Harga Termurahnya Mulai Dari 5 Jutaan
» AM5 Segera Datang, AMD Berikan Teaser Soket LGA Terbaru yang Support RAM DDR5
» Soket AM5 AMD Kemungkinan Akan Mempertahankan Kompatibilitas Dengan CPU Cooler Dengan Soket AM4
» Tanpa Banyak Bicara, AMD Rilis 'PlayStation 5' Versi PC Ke Pasar Asia!
» [VIDEO] Review ASUS ROG Flow X13! Ultrabook Killer, Rajanya Produktivitas dan Gaming!

Selain itu, ada indikasi dua konfigurasi APU lainnya dalam jajaran seri Ryzen 8000. Ini mungkin termasuk APU berdaya rendah Hawk Point dan Fire Range, yang berfungsi sebagai penerus seri APU gaming kelas atas untuk laptop yang dikenal sebagai Dragon Range. Seri ini juga akan menyertakan Granite Ridge, penerus dari seri desktop Raphael Zen4, prosesor-prosesor tersebut akan meningkatkan daya hingga 170W.

Tidak diragukan lagi, tambahan yang akan datang pada keluarga Ryzen akan melanjutkan tren penggabungan arsitektur CPU dan GPU untuk memenuhi berbagai segmen produk dan kebutuhan konsumen. Semoga saja, kali ini, akan lebih mudah bagi konsumen untuk mengetahui arsitektur (dan sub-arsitektur) apa yang tersembunyi di balik sebuah nama produk.

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru