NEWS

WhatsApp Sedang Kembangkan Fitur Keamanan Baru, Bikin Orang Lain Ga Bisa Screenshot Foto Profil Kamu

Rahmat Handiko    |   Rabu, 21 Feb 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Meta kemungkinan akan meluncurkan perlindungan privasi tambahan untuk aplikasi WhatsApp dengan tujuan mencegah pengguna lain mengambil screenshot foto profil Anda di platform tersebut. Informasi terbaru mengenai fitur ini ditemukan dalam versi beta terbaru WhatsApp untuk platform Android oleh WABetaInfo. Fitur ini akan diintegrasikan ke dalam bagian Privasi pada menu Pengaturan, seperti yang dilaporkan oleh tomsguide. Saat pengujian dilakukan dengan menggunakan alat pemblokiran yang baru, upaya untuk mengambil screenshot dari gambar profil tidak berhasil, dengan notifikasi yang muncul di bagian bawah layar yang menyatakan bahwa pembatasan aplikasi mencegah pengambilan tangkapan layar tersebut.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa WhatsApp sebelumnya telah memperkenalkan opsi untuk menghentikan pengguna menyimpan "foto profil orang lain" sekitar lima tahun yang lalu. Meskipun langkah ini diambil untuk mencegah pelaku kejahatan membagikan gambar tanpa izin pemiliknya, pengguna masih dapat melakukan tangkapan layar tanpa kendala. Oleh karena itu, langkah yang lebih proaktif dengan secara langsung memblokir kemampuan untuk mengambil screenshot diyakini dapat memperkuat "konsep privasi dan persetujuan pengguna" dalam layanan WhatsApp. Hal ini mungkin merupakan upaya untuk menghindari penyalahgunaan foto-foto pengguna untuk kegiatan penipuan, peniruan, atau pelecehan.

Sebuah posting menarik di Medium oleh penulis Bilge Tekin pada tahun 2021 telah mengusulkan konsep fitur Pembatasan screenshot untuk WhatsApp, yang mencakup ide untuk mencegah pengambilan screenshot di dalam ruang chat. Ketika ide ini diuji oleh beberapa orang, tampaknya ada dukungan untuk opsi yang membatasi orang lain agar tidak dapat berbagi percakapan pribadi.

Baca ini juga :


» Pemerintah Minta Apple Hapus WhatsApp dan Threads dari App Store China!
» Image Generator Milik Meta AI Ga Akurat Kalau Bikin Gambar Dua Orang Beda Ras!
» Meta Coba Bawa Meta AI ke Aplikasi WhatsApp! User Bakal Bisa Tanya Chatbot lewat Search bar!
» Meta, Microsoft, X dan Match Group Gabung dengan Epic Games Buat Nuntut Kebijakan Payment Apple!
» Fitur Username Di WhatsApp Semakin Dekat! Ga Perlu Sebutin Nomor HP Lagi Kalau Mau Add Contact

Meskipun tidak ada dukungan ilmiah atau penelitian resmi yang berasal dari Meta atau jajak pendapat, langkah-langkah ini dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi WhatsApp dengan menarik sebagian pengguna yang mementingkan privasi ini. Sejauh ini, Telegram dan Signal tidak memiliki fitur serupa. Selain itu, memiliki opsi ini mungkin dianggap sebagai langkah positif untuk meningkatkan keamanan dan privasi pengguna secara umum.

Bagi mereka yang tertarik untuk mencoba fitur baru ini, langkah pertama adalah bergabung dengan Program Beta Google dan menginstal versi beta WhatsApp. Meskipun pembaruan ini mungkin belum tersedia untuk semua pengguna karena terbatas pada beberapa grup, WABetaInfo memastikan bahwa pembaruan ini akan segera diluncurkan kepada lebih banyak pengguna dalam beberapa minggu mendatang.



Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru