NEWS

Waduh! Reddit Dilaporkan Telah Menjual Data Konten Penggunanya ke Perusahaan AI Senilai 60 Juta USD

Rahmat Handiko    |   Jumat, 23 Feb 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Sejak dimulainya tahun 2023, perusahaan kecerdasan buatan (AI) telah mengalami lonjakan popularitas yang signifikan, dengan munculnya berbagai chatbot dan perangkat yang inovatif. Alat-alat ini, yang dirancang untuk memfasilitasi interaksi manusia dengan teknologi, telah memanfaatkan data online untuk mengumpulkan informasi mereka melalui teknik pengikisan web, yang pada gilirannya menimbulkan reaksi yang kontroversial dari berbagai komunitas.

Sebuah laporan menunjukkan bahwa Reddit, salah satu platform media sosial terbesar, telah menjalin kesepakatan senilai $60 juta dengan sebuah perusahaan AI yang tidak diungkapkan namanya. Kesepakatan tersebut melibatkan penjualan konten yang dihasilkan oleh pengguna Reddit kepada perusahaan AI tersebut.

Menurut sumber dari Bloomberg, kontrak tersebut memberikan izin kepada perusahaan untuk menggunakan konten Reddit guna melatih model kecerdasan buatannya.

Kesepakatan senilai $60 juta per tahun tersebut dikabarkan memberikan lisensi kepada perusahaan AI untuk menggunakan komentar dan postingan dari lebih dari 800 juta pengguna bulanan Reddit. Bloomberg juga menyebutkan bahwa model ini dapat menjadi contoh bagi perusahaan lain yang mungkin memutuskan untuk menjual konten mereka guna mendukung pengembangan model kecerdasan buatan.

Baca ini juga :


» Karena Gambar yang Tidak Wajar, Netflix Dituduh Pakai AI Generate di Film Dokumenter Kriminal!
» Ternyata Ini Alasan Orang Nomor Satu Di Apple Tim Cook Datang Ke Indonesia!
» AI Playlist, Fitur Baru Spotify Bikin Kamu Bisa Bikin Playlist Sendiri Cuma Dari Teks Kayak ChatGPT!
» Image Generator Milik Meta AI Ga Akurat Kalau Bikin Gambar Dua Orang Beda Ras!
» Batalkan Proyek Mobil Listrik! Apple Sekarang Fokus Ke Robot Rumahan!

Tidak hanya Reddit, pada bulan Desember 2023, OpenAI juga menandatangani kesepakatan serupa dengan perusahaan media Jerman, Axel Springer SE. Lebih lanjut, OpenAI sedang dalam pembicaraan dengan CNN, Fox Corp, dan Time untuk melisensikan karya mereka di masa depan.

Seiring dengan kemajuan teknologi kecerdasan buatan, kita masih harus menunggu untuk melihat bagaimana kesepakatan semacam ini akan berkembang di masa depan. Meskipun demikian, respons dari pengguna media sosial menunjukkan ketidakpuasan terhadap ide bahwa konten pribadi mereka dijual untuk keperluan pengembangan kecerdasan buatan.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru