NEWS

Take-Two Interactive Akuisisi Developer Game Borderlands: Gearbox. Akan Ada Game Borderlands Baru?

Rahmat Handiko    |   Kamis, 28 Mar 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Embracer Group telah mengumumkan secara resmi melepaskan divisi mereka, Gearbox Entertainment, kepada Take-Two Interactive dengan nilai transaksi mencapai $460 juta. Pada pengumuman ini, Embracer menjelaskan bahwa mereka akan melepaskan Gearbox Software, Gearbox Montreal, Gearbox Studio Quebec, serta serangkaian waralaba terkenal seperti Borderlands, Tiny Tina's Wonderlands, Homeworld, Risk of Rain, Brothers in Arms, dan Duke Nukem.

Meskipun begitu, Embracer tetap akan mempertahankan hak atas Gearbox Publishing San Francisco (yang sebelumnya dikenal sebagai Perfect World Entertainment dan akan mengalami perubahan nama), hak penerbitan untuk game-game seperti Remnant, Hyper Light Breaker, dan proyek-proyek lain yang belum diumumkan, serta kepemilikan atas Cryptic Studios, Lost Boys Interactive, dan Captured Dimensions.

Semua aset yang dipertahankan tersebut akan diintegrasikan ke dalam struktur bisnis lain yang ada di bawah naungan Embracer Group. Rencananya, penjualan ini diharapkan akan selesai pada akhir Juni.

Gearbox Entertainment akan berintegrasi dengan divisi 2K milik Take-Two dan akan tetap dipimpin oleh CEO dan pendirinya, Randy Pitchford. Saat ini, Gearbox sedang aktif mengembangkan beberapa game baru dalam waralaba Borderlands dan Homeworld, serta tengah mempersiapkan "setidaknya satu kekayaan intelektual baru yang menarik," seperti yang diungkapkan dalam pengumuman terpisah.

Baca ini juga :


» Take-Two Interactive Layoff 5% Karyawan dan Cancel Beberapa Game! Layoff Udah Jadi Trend?
» Take-Two dan Remedy Entertainment Udah Baikan Terkait Logo Huruf R Lewat Jalur Kekeluargaan
» Game Sci-fi MMO Homeworld Mobile Rilis untuk Android dan iOS
» Borderlands 3 Dibayar 1.65 Triliun Rupiah Untuk Eksklusif di Epic Games Store Sementara!
» Borderlands 3 Versi Steam Akan Dukung Cross-Play dengan Versi Epic Games Store

Tidak kalah penting, nilai transaksi sebesar $460 juta akan dibayar kepada Embracer Group dalam bentuk saham Take-Two, bukan dalam bentuk uang tunai. Perlu dicatat bahwa Embracer sebelumnya telah mengakuisisi Gearbox dengan harga $363 juta, dengan pembayaran setengahnya dilakukan dalam bentuk tunai dan setengahnya lagi dalam bentuk saham baru Embracer Group.

Terdapat juga tambahan pertimbangan sebesar $1,015 miliar (juga sebagian dalam bentuk saham) yang akan dibayarkan jika Gearbox berhasil mencapai serangkaian target tertentu dalam kurun waktu enam tahun.

Hubungan antara Gearbox dan Take-Two sudah cukup lama terjalin, dengan Take-Two sebagai penerbit utama dari waralaba Borderlands melalui label 2K. Keduanya juga telah berkolaborasi dalam pengembangan film Borderlands yang tengah dalam proses, serta game Gearbox tahun 2016, Battleborn.

Embracer Group telah secara bertahap melepaskan sejumlah studio besar setelah mengalami periode akuisisi yang cukup berantakan beberapa tahun lalu. Sebagai contoh, baru-baru ini mereka melepaskan Saber Interactive, dan telah melakukan banyak pengurangan seperti menutup pengembang terkenal Saints Row, Volition, membatalkan proyek-proyek game Deus Ex yang sebelumnya tidak diumumkan, serta melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap lebih dari 900 staf, dan masih banyak lagi langkah yang diperkirakan akan diambil di masa depan.



Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru