NEWS

Setelah 7 Tahun Lamanya, Manga 'Tokyo Ghoul' Akhirnya Telah Berakhir

Fadhil Baladraf   |   Rabu, 04 Jul 2018


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Tidak peduli seberapa besar dan populer sebuah manga/anime, pasti ada saat dimana serial tersebut akan berakhir. Tidak terkecuali dengan Tokyo Ghoul yang sudah dikabarkan akan segera mengakhiri serial manganya. Saat yang dinantikan akhirnya telah tiba, dimana edisi terbaru Weekly Young Jump meluncurkan chapter 179 dari Tokyo Ghoul yang merupakan konklusi akhir jalan ceritanya. Sang kreator Sui Ishida juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para fans atas dukungannya selama tujuh tahun terakhir.

Sementara untuk konklusi jalan ceritanya sendiri, chapter ini lebih banyak memperlihatkan pemulihan Tokyo setelah insiden di arc "Dragon." Organisasi CCG juga sudah diganti dengan TSC yang mengemban tugas untuk melindungi manusia dan ghoul dari sisa jenis ghoul lain yang masih mengancam. Lalu bagaimana dengan nasib Kaneki? Dia dan istrinya Touka akhirnya bisa menjalani hidup normal yang penuh kebahagiaan. Jadi terlepas dari jalan ceritanya yang gelap dan brutal, Tokyo Ghoul berhasil memberikan senyum lebar kepada para fans berkat endingnya yang penuh suka cita.

Baca ini juga :

» Eiichiro Oda Ambil Libur Panjang, Manga One Piece Libur Selama Tiga Minggu Setelah Chapter 1111 Rilis!
» RIP Akira Toriyama (1955-2024), Mangaka Legendaris Dragon Ball Tutup Usia di Umur 68 Tahun
» [RUMOR] Fortnite Kabarnya Akan Berkolaborasi dengan Animanga Populer, One Piece!
» Sang Kreator One Piece, Eiichiro Oda Umumkan Hiatus Selama Sebulan Demi Jalani Operasi
» Ending One Piece Tidak Ada yang Mati? Oda Sensei Ungkap Tidak Mau Gambar Kematian Karakter

Bagi kamu yang masih asing dengan seri ini, Tokyo Ghoul:re sendiri mengambil latar cerita dari peristiwa pembantaian Ghoul dua tahun sebelumnya. Karakter utama di seri ini adalah Sasaki Haise, yang tidak lain adalah anggota organisasi CCG sekaligus pemimpin skuat khusus yang beranggotakan pengguna Quinque handal. Mungkin banyak fans sudah bisa menebak dari awal, kalau Haise sebenarnya adalah Kaneki Ken yang ternyata mengalami amnesia setelah berhadapan dengan Kishou Arima. Dari sinilah perjuangan Kaneki yang sebenarnya dimulai, dimana dia harus berhadapan dengan fakta pahit mengenai jati dirinya sebagai Ghoul hingga reuni emosional dengan karakter lama seperti Touka Kirishima.

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru