NEWS

Kebocoran Terbesar, Source Code dari Konsol Nintendo Lama Berhasil Diretas Hacker

VolkanKaya   |   Sabtu, 09 May 2020


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Sudah bukan rahasia lagi memang kalau Nintendo adalah salah satu perusahaan terbesar di industri game saat ini, apalagi dengan mendominasinya konsol Nintendo Switch di pasaran dengan berbagai game eksklusif kelas atas. Mereka juga dikenal sangat ketat dalam mengamankan hak atas properti mereka mulai dari IP game hingga pengembangan konsol.

Sayangnya pihak Nintendo harus berhadapan dengan yang mungkin bisa dibilang adalah kebocoran terbesar dalam sejarah perusahaan mereka, dimana belum lama ini ada beberapa hacker yang berhasil mendapatkan data dan source code penting dari konsol Nintendo lama seperti Nintendo Wii dan N64. Kebocoran data ini pertama kali diketahui dari unggahan ribuan file di forum 4chan beberapa waktu lalu, dimana data-data tersebut memuat source code mendetail dari sistem operasi Wii, dokumen desain konsol, serta demo dan software konsol N64.

Baca ini juga :

» Crysis Remastered Akan Tetap Dirilis Untuk Nintendo Switch Sesuai Jadwal!
» Sempat Pamer Preview Tambahan, Penayangan Live Action Monster Hunter Diundur Hingga Tahun 2021
» Trailer Far Cry 6 Bocor, Dirumorkan Akan Menjadi Prequel Far Cry 3!
» Anti Mage Persona Rilis, Sang Anti Mage Wanita Tuai Kekecewaan Penggemar Dota 2
» Rocket League Sukses Gaet 75 Juta Pemain Terdaftar Selama 5 Tahun!

Bocoran data ini mungkin dapat membantu para fans untuk meningkatkan performa emulasi game secara signifikan, namun ada ancaman serius lain yang harus dihadapi Nintendo karena kebocoran ini juga memuat data diagram blok dan file Virelog. Data ini bisa saja dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang ahli untuk mengembangkan konsol Nintendo Wii dari awal, sesuatu yang tentunya sangat ilegal dan bisa menjadi permasalahan besar bagi Nintendo.

Beberapa sumber lainnya di forum 4chan bahkan mengatakan kalau masih ada banyak data lain yang belum disebarkan oleh para hacker. Jika memang benar, maka hanya tinggal masalah waktu sampai semua data penting dan rahasia tersebut menyebar luas di internet.

Sumber: Kotaku

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru