NEWS

AMD Mengonfirmasi FidelityFX Super Resolution 3 (FSR3) Akan Menjadi Open Source

Aeprukmana   |   Sabtu, 25 Mar 2023


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Di Game Developers Conference (GDC) 2023, tim software engineer AMD membagikan detail pertama tentang teknologi upscaling berikutnya.

Pengarahan AMD GDC tentang FSR3 belum memberikan semua jawaban. Teknologi ini masih dalam pengembangan aktif dan bahkan belum ada tanggal rilis kapan akan tersedia secara resmi. Namun demikian, penerus FSR2 dan pesaing yang sangat dinantikan untuk DLSS3 mungkin merupakan teknologi terpenting yang akan dirilis AMD tahun ini.

Meski sudah diumumkan hampir 4 bulan lalu, jelas bahwa AMD masih memiliki jalan panjang sebelum dapat mengirimkan teknologi yang mengandalkan frame interpolation, seperti halnya NVIDIA DLSS3. Namun, AMD mungkin memiliki kartu as dan itu mendukung lebih dari satu arsitektur GPU. Hal ini ditunjukkan oleh Azor Frank pada November tahun lalu, namun update GDC tidak memberikan komentar lebih lanjut mengenai hal ini.

Sebaliknya, gamer dan developer game dapat mengetahui bahwa tim software engineer AMD menargetkan performance 2x dibandingkan dengan FSR 2.0. Peningkatan seperti itu dimungkinkan berkat jumlah pixel yang lebih tinggi yang dihasilkan melalui frame interpolation.


Sumber: AMD


AMD mengharapkan gameplay FSR 3.0 menjadi pengalaman yang lebih mulus dibandingkan FSR 2.0. AMD berupaya keras untuk mengurangi latency, yang merupakan kunci dalam mencapai pengalaman bermain game terbaik. Selanjutnya, AMD ingin membuat jalur peningkatan FSR2 ke FSR3 semudah mungkin. Ini pasti akan berdampak besar pada seberapa cepat FSR generasi ketiga diadopsi.

Lebih penting lagi, AMD menegaskan bahwa FSR 3 akan menjadi open source melalui lisensi MIT. Artinya, teknologi upscaling ketiga dari AMD akan bebas untuk diambil dan dapat diedit dengan mudah oleh siapa saja. Setelah FSR3 siap, perusahaan kemungkinan akan merilis sampel dan dokumentasi lengkap. Setelah ini terjadi, game NVIDIA DLSS3 dapat dengan cepat mulai melihat mod FSR3, seperti yang mereka lakukan dengan DLSS2/FSR2.


Sumber: AMD



Sumber: AMD


Sumber: AMD

Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kalian tonton di bawah ini.



Baca ini juga :

» AMD Umumkan Jajaran Ryzen 9000 Series di Computex 2024 dan Akan Dirilis Pada Bulan Juli
» Dilema Dualisme AI: Potensi Disalahgunakan Sama Besar dengan Manfaatnya!
» [RUMOR] NVIDIA RTX 50 Series Akan Meluncur Akhir Tahun Ini! RTX 5090 & RTX 5080 Akan Diluncurkan Berdekatan!
» Laptop Gaming AI Ringkas Dengan Performa Ganas! Review ROG Zephyrus G16 (2024)
» MSI Bakal Fokus ke GPU NVIDIA daripada AMD? Katanya Lebih Banyak Peminat GPU NVIDIA Dibandingkan AMD

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru