Feature

The Warriors, dan Alasan Kenapa Gamenya Cocok Untuk Mendapat Remake!

oleh: VolkanKaya

Mengadaptasi sebuah film menjadi video game adalah sebuah langkah yang cukup menantang dan tidak biasanya dilakukan oleh developer game. Dikarenakan selain cenderung tidak berhasil memenuhi ekpektasi fans, mengadaptasi film ke dalam format game hanya bisa dilakukan untuk beberapa genre tertentu saja. Menjawab tantangan yang tidak pernah dihadapi banyak developer game ini, Rockstar Toronto akhirnya memutuskan untuk membuat game beat 'em up yang diadaptasi langsung dari film klasik Amerika tahun 1979 berjudul The Warriors.

Sepak terjang Rockstar pada waktu itu sudah berada di tingkat yang solid, dan The Warriors adalah salah satu game yang semakin membuktikan kemampuan mereka dalam meracik game dari berbagai medium, khususnya yang berhubungan dengan tema berat, seperti potret kehidupan geng Amerika di dalamnya. Game ini juga menawarkan berbagai konsep menarik yang jarang ditemui pada game beat 'em up lain di masanya.

Karena masih memiliki potensi yang kuat, Kru KotGa merasa jika game ini memang termasuk salah satu game klasik yang paling cocok untuk mendapatkan remake. Artikel special kali ini sudah merangkum beberapa alasannya, jadi daripada penasaran langsung saja simak detail lengkapnya di bawah ini.

Baca ini juga :

» Banyak yang Hype! Inilah 7 Rekomendasi Game Mobile Terbaru yang Wajib Kamu Antisipasi!
» Rekomendasi 10 Game Nintendo Switch Terbaik yang Wajib Dimainkan!
» Penuh Kenangan, Inilah Deretan Game PS1 Paling Memorable Saat Masa Kecil!
» Anti Bosan, Inilah 7 Game Legendaris PS2 Untuk Nostalgia Kembali Saat #DiRumahAja!
» Sebelum Main, Inilah 7 Hal yang WAJIB Kamu Ketahui Soal Final Fantasy VII Remake!

Mari Melirik Sejarah Gamenya Terlebih Dahulu

Resmi dirilis untuk PlayStation 2 pada tahun 2005, The Warriors adalah game adaptasi film besutan Rockstar yang hadir dengan kualitas tidak terduga. Kita tidak hanya berbicara soal jalan cerita, gameplay, dan fitur pendukung lainnya, tetapi juga atmosfer yang dibangunnya benar-benar mirip dengan potret kehidupan geng jalanan Amerika pada tahun 70-an. Genre yang diusung adalah beat 'em up yang berfokus pada pertarungan tangan kosong maupun menggunakan senjata tumpul. Walaupun sistem combat tidak begitu spesial, tapi setiap karakter memiliki teknik khusus dan gaya bermain yang berbeda, sehingga kamu tidak akan merasakan pengalaman yang repetitif dan membosankan.

Seperti yang Kru KotGa singgung sebelumnya, jalan cerita pada game ini diadaptasi langsung dari film The Warriors yang pertama kali tayang pada tahun 1979 yang mana kamu berperan sebagai anggota geng The Warriors yang harus bertahan dari konflik besar antar sembilan geng terbesar di New York. Misi utamanya adalah melarikan diri ke markas besar yang bertempat di pulau Coney. Namun untuk sampai ke markas, semua anggota The Warriors harus berhadapan dengan puluhan ribu anggota geng yang mengejar mereka. Dibanding versi film, jalan cerita gamenya sendiri memang dirangkum lebih sederhana agar mekanisme gameplay dapat lebih ditonjolkan.

Sama seperti sekarang, pihak Rockstar mengembangkan The Warriors secara "diam" dan tidak terlalu mendorong promosi gamenya pada kala itu. Dengan bantuan dari beberapa divisi developer lain yang mengerjakan proyek Grand Theft Auto: San Andreas, Manhunt dan Red Dead Revolver, Rockstar dapat berbagi asset dan teknologi yang dimiliki untuk memaksimalkan kualitas tiap game. Jadi, terlepas dari status "game adaptasi film" yang selalu dikatakan sebagai tantangan sulit bagi banyak developer, Rockstar berhasil membuktikan kalau mereka bisa menanganinya dengan professional dan sempurna.

Fitur Index :

  1. Halaman 2
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline 021-98299724
rekomendasi terbaru