Review

ASUS ROG Strix Z590-I

Halaman 3

Tampilan BIOS & Utility yang Simple dan Fungsional


Salah satu yang menjadi ciri khas dari motherboard ROG dari ASUS yaitu tampilan BIOS-nya yang terlihat “gaming” banget dengan khas merah hitam miliknya. Pada pengaturan utama motherboard ASUS terdapat beberapa bagian penting seperti Main, Ai Tweaker, Advanced, Monitor, Boot, dan Tool.

Pada bagian Ai Tweaker ini memiliki berbagai opsi untuk meningkatkan berbagai performa untuk komponen yang kamu miliki seperti prosesor dengan mengatur berbagai voltage hingga kecepatan clock. Begitu pula dengan RAM, untuk mengaktifkan fitur XMP bisa melalui bagian ini. Selain itu, masih di bagian yang sama juga terdapat pengaturan untuk Ai Overclocking. Untuk mengaktifkannya, hanya perlu mengubah opsi CPU Core Ratio pada pilihan Ai Optimized.

Fitur Ai Overclocking memungkinkan si motherboard bisa menganalisa data dan mendeteksi spesifikasi yang digunakan. Frekuensi hingga voltase akan dihitung oleh AI. Setelah itu, terdapat prediksi yang nantinya bisa dieksekusi langsung oleh pengguna.

Kecepatan overclock tersebut tentunya bakal disesuaikan dengan komponen yang digunakan. Komponen pendukung seperti CPU cooler sangat menentukan hasil prediksi. Selain berguna bagi pengguna yang awam soal overclocking, fitur ini juga menghemat waktu untuk mendapatkan performa overclock yang stabil daripada mengetes berbagai simulasi.

Baca ini juga :

» REVIEW ASUS Zenbook Duo UX482
» ASUS ROG G15 G513Q
» Review Outriders
» BenQ TH685i
» Review Monster Hunter Rise
Pada bagian Advanced terdapat berbagai opsi untuk pengaturan komponen yang digunakan pada motherboard. Seperti konfigurasi fitur pada CPU, atau mungkin konfigurasi SSD M.2 yang digunakan. Misalnya ketika ingin menghidupkan atau mematikan Hyper Threading atau menghidupkan CPU Virtualization, dan masih banyak lainnya.

Pada bagian Monitor terdapat informasi yang berkaitan dengan suhu. Tidak hanya suhu saja, kecepetan pengaturan kipas juga bisa kamu lihat melalui bagian ini.

Selain itu terdapat juga menu Tool yang terdapat opsi lain seperti EZ Flash 3 yang digunakan untuk update BIOS menggunakan USB, atau ASUS User Profile, dimana ketika sudah melakukan berbagai “tweak” disini bisa menyimpannya dan menggunakan berbagai profile sesuai penggunaan tanpa perlu mengaturnya lagi.

Pada bagian Boot kebanyakan orang pastinya sudah tidak asing. Hal utama yang ada di bagian ini adalah mengatur opsi bootable mana yang ingin digunakan.

Salah satu kelebihan lagi pada motherboard ini adalah fitur utility yang dimilikinya, yaitu AI Suite 3. Melalui utility tersebut, para pengguna bisa mengatur berbagai hal yang cukup krusial langsung melalui sistem operasi seperti pengaturan dan pemantauan hasil overclocking, pengaturan kecepatan kipas, hingga PC Cleaner dan juga update BIOS motherboard. Fitur seperti Ai Overclocking atau Ai Cooling juga bisa diaktifkan dan diatur disini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview