NEWS

Tidak Daftar PSE, Kominfo Resmi Blokir Steam Mulai 30 Juli 2022

Billy Mariza   |   Sabtu, 30 Jul 2022


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!
Mulai pertanggal 30 Juli 2022, salah satu situs beli game yakni Steam di blokir oleh internet Indonesia. Hal ini dikarenakan Steam tidak daftar dalam PSE atau (Penyelenggara Sistem Elektronik) Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) secara resmi memblokir situs tersebut mulai hari ini dan kamu tidak bisa mengaksesnya sama sekali.

Tidak hanya Steam saja, situs beli game lainnya seperti Epic Games juga terkena efek yang sama karena belum mendaftar PSE dari Kominfo.

Baca ini juga :

» Beneran Worth-It! 7 Keseruan Eiyuden Chronicle yang Bikin Fans Suikoden Berlinang Air Mata
» Sah! Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Resmi Jadi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Indonesia
» Dev. Indonesia Pamer Konsep Game Action Yang Terinspirasi dari The Raid dengan nama Condemned!
» Steam Update Kebijakan Refund, Game Advanced Access Tidak Bisa Refund Jika Playtime Lewat Dari 2 Jam
» Tanggapi Desakan KPAI Untuk Blokir Game, Menkominfo: Orang Tua Diwajibkan Untuk Membimbing Anaknya


Sumber: Dok. KotGa

Berikut kutipan yang kita ambil dari Gizmologi:

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menyebut, tenggat waktu bagi sederet penyelenggara PSE yang belum mendaftar, yaitu pukul 23.59 WIB. Jika tidak jua mendaftar sanksi pemblokiran siap diberlakukan.

"Kalau mereka belum mendaftar sampai dengan pukul 23.59 (WIB), saya sekali lagi minta maaf kepada masyarakat untuk layanan ini sementara waktu, sambil menunggu mereka melengkapi pendaftaran, tidak bisa diakses dari Indonesia," kata Semuel kepada awak media, Jumat (29/7/2022).

Namun, Semuel memastikan bahwa pemblokiran tersebut belum bersifat permanen. Apabila PSE yang belum terdaftar mengajukan normalisasi atau melengkapi data-data pendaftaran yang dibutuhkan, maka pemblokiran akan dicabut sehingga mereka bisa kembali beroperasi dengan normal.

"Untuk normalisasi itu tergantung mereka. Mereka begitu mendaftar dan mengajukan bahwa saya sudah mendaftar, kita akan buka pemblokirannya," kata dia.

Sumber: Steam dan Gizmologi

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru