Review

Nintendo Switch Inovasi & Revolusi Konsol Hybrid

oleh: Cralizer77

Halaman 3

Spesifikasi

Nintendo Switch dikatakan memang telah bekerjasama dengan pihak Nvidia untuk menggunakan prosesornya untuk digunakan pada konsol hybrid tersebut. Switch sendiri menggunakan Nvidia Tegra sebagai kekuatan prosesornya sedangkan Nvidia Maxwell sebagai GPU. Kekuatan ini sebelumnya pernah diterapkan oleh Nvidia pada perangkat Nvidia Shield yang saat itu kurang mendapatkan respon yang kurang maksimal.

Adapun spesifikasi yang dimiliki oleh Switch bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

Jika dibandingkan dengan spesifikasi konsol PlayStation 4 atau Xbox One, konsol Nintendo Switch memang tertinggal jauh dengan kedua pesaingnya tersebut. Sehingga kalian tidak akan bisa mengharapkan game kualitas AAA akan hadir untuk konsol hybrid tersebut, karena Nintendo Switch masih menawarkan keunggulan gameplay dan cara bermain yang unik, dan menyampingkan kualitas grafis.

Layar Nintendo Switch yang berukuran 6.2 inch ini juga dilengkapi dengan fitur touch screen, sehingga memudahkan kalian untuk melakukan navigasi secara lebih cepat dan mudah. Kapasitas memori yang dimiliki Switch sebesar 32 GB, dengan terdapat slot Micro SD card yang bisa dipasangkan hingga kapasitas 2 TB.

Performa

Nintendo Switch jika dibandingkan dengan konsol PS4 maupun Xbox One memang tertinggal lumayan jauh, namun bila dibandingkan dengan perangkat handhel 3DS maupun PS Vita, konsol hybrid tersebut memang lebih unggul. Performa Switch sendiri bisa dikatakan mirip dengan smartphone terbaru dengan spesifikasi mumpuni yang mampu melahap beberapa game yang memiliki kualitas 3D yang ciamik.

Prosesor dan GPU Nvidia pada Switch memang menghasilkan kekuatan grafis yang sangat baik, pada saat menggunakan dalam versi handheld maupun versi konsol rumahan dengan layar televisi. Sayangnya, bagian belakang Nintendo Switch akan terasa panas ketika bermain dalam waktu yang lama dan memainkan game dengan tingkat grafis tinggi. Oleh sebab itu, Nintendo Switch memiliki lubang ventilasi yang kecil dibagian atas untuk membuang hawa panas lebih cepat yang dikeluarkan oleh prosesor dan GPU.

Daya baterai 4.310 mAh yang dimiliki Switch mampu bertahan berdasarkan tergantung pemakaian. Sehingga apabila pemakaian kalian cenderung untuk bermain game diluar ruangan, maka Switch mampu bertahan kurang lebih 3 jam setelah sekali pengisian baterai. Selain itu, konsol Switch ini sendiri memiliki waktu standby hingga 20 jam. Waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai Switch ini memerlukan waktu sekitar dua jam untuk penuh kembali.

Baca ini juga :

» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED
» Review Anbernic RG35XX
» EA Sports FC 24
» The Super Mario Bros. Movie

Switch sendiri mampu menghasilkan resolusi gambar hingga 720p ketika menggunakan dalam versi handheld, dan 1080p ketika dipasangkan pada Switch Dock untuk tampil dilayar televisi. Pengalaman bermain Switch ketika diluar ruangan juga sangat memuaskan, dengan layar 6.2 inch kalian dapat melihat gambar dengan jelas meskipun dibawah sinar matahari.

Lalu apakah konsol Nintendo Switch ini layak untuk dimiliki? Yuk! Lihat kesimpulan Kru KotGa mengenai Nintendo Switch dihalaman berikutnya.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview