NEWS

Ternyata Ini Alasan Elon Musk Bekerjasama Dengan APJII Untuk Sebar Starlink Di Indonesia

Aeprukmana   |   Selasa, 23 Apr 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Kerjasama antara provider fixed broadband Indonesia dan Starlink, yang didukung oleh Elon Musk, telah menjadi sorotan dalam upaya menyebarkan layanan internet Starlink di seluruh Indonesia. Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Muhammad Arif, mengungkapkan bentuk kerjasama tersebut. APJII mengumumkan penandatanganan nota kesepahaman dengan Starlink melalui PT Starlink Services Indonesia, dengan fokus meningkatkan akses internet di Indonesia.

Ada delapan poin kerjasama yang telah disepakati antara APJII dan Starlink. Salah satunya adalah meningkatkan pemerataan akses internet di Indonesia, serta mendukung tata kelola industri internet agar tetap kondusif. Selain itu, kerjasama ini juga melibatkan distribusi internet menggunakan teknologi Very Small Aperture Terminal (VSAT) dan pemanfaatan layanan Starlink melalui program kerja sama dengan ISP anggota APJII.

Baca ini juga :


» Meski Sempat Bermasalah, Neuralink Kini Sedang Mencari Pasien Kedua!
» Jepang Uji Coba Jaringan 6G! Hasilnya 20 Kali Lebih Kencang Dari 5G!
» Sah! Kamu Sekarang Sudah Bisa Berlangganan Starlink! Ini Daftar Harganya!
» Bekerjasama Dengan APJII, Starlink Siapkan Internet Di Seluruh Indonesia!
» ASUS Perkenalkan Rangkaian Router Terbaik, Tawarkan Solusi Sinyal Internet Kuat dalam Setiap Situasi

Kerjasama ini juga mencakup dukungan teknis untuk meningkatkan keamanan cyber di Indonesia dan menciptakan persaingan usaha yang sehat dalam ekosistem digital di negeri ini. APJII juga berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia melalui pelatihan VSAT bagi anggota mereka. Terakhir, layanan Starlink akan terkoneksi dengan Indonesia Internet Exchange (IIX) APJII, memperkuat infrastruktur internet di Indonesia.

Melalui kerjasama ini, Arif memastikan bahwa tidak hanya koneksi internet yang akan menjadi lebih lokal, tetapi juga menyangkut kedaulatan dalam negeri. Starlink sendiri telah beroperasi di Indonesia sejak Juni 2020, awalnya hanya menyediakan akses untuk pelanggan bisnis. Namun, dengan rencana perluasan pasar ke sektor business to consumer (B2C), Starlink harus melewati tahapan Uji Laik Operasi (ULO) sebelum dapat beroperasi sepenuhnya dan menjual internet kepada pelanggan akhir.

Selain berita utama di atas, KotakGame juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru