SPECIAL FEATURE

[Kotakgame Awards] Gebrakan dan Inovasi Baru Perusahaan Game Indonesia


3. UniPin


Kru Kotga telah melakukan wawancara santai dengan UniPin, payment gateway yang fokus pada penjualan voucher game online di Indonesia, dalam rangkaian acara penyerahan piala Kotakgame Awards dimana UniPin berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Payment Gateway Terfavorit Indonesia.

Wawancara berlangsung dengan tim UniPin yang bernama Ferdinan Kardinan, Alvin Gunawan, dan Susilowati. Pada wawancara ini Kru Kotga akan menyebut mereka sebagai UniPin. Pada wawancara tersebut Kru Kotga menemukan hal menarik dari tim UniPin tentang membuat pelanggan tetap setia untuk menggunakan jasa mereka.

Berdasarkan penuturan dari Ferdinan Kardinan selaku Vice President of Product UniPin, pelanggan bisa tetap setia untuk terus menggunakan jasa UniPin dikarenakan ia dan timnya memperlakukan pelanggan layaknya sahabat. Oleh karena itu juga, UniPin menyebut pelanggannya sebagai "Sahabat UniPin". Bahkan ia mengungkapkan bahwa kadang pelanggannya itu curhat melalui layanan customer service.

Yuk simak wawancara lengkapnya di bawah ini.

Kru Kotga: Inovasi apa yang dilakukan UniPin di tahun 2016 untuk menjaga kesetiaan pelanggan?

UniPin: Kami selalu menjaga, kepentingan user adalah yang nomor satu. Apa yang menjadi masalah pelanggan, itulah yang menjadi perhatian kami. Kami percaya satu hal, ketika user merasa dipuaskan dan ditolong, maka mereka akan menjadi pelanggan setia. Tentunya juga dengan berbagai kerjasama event bersama media dan publisher game, itu juga yang membuat user tetap setia.

Kru Kotga: Selain menerima penghargaan Kotakgame Awards, apa sih pencapaian terbaik UniPin di tahun 2016?

UniPin: Salah satunya adalah mendapat penghargaan Rekor Bisnis (ReBi) dari Tera Foundation dalam kategori Payment Gateway Game Terbesar dan Terfavorit 2016. Kami rasa itu pencapaian paling tinggi di tahun 2016.

Untuk penjualan, sejauh ini masih oke. Ada yang bilang game online sedang lesu atau pertumbuhannya lambat. UniPin juga merasakannya, namun dampaknya ke penjualan UniPin tidak terlalu besar. Kami percaya satu hal, apa yang membuat kami tidak begitu merasakannya karena adanya para user setia dan baik banget.

Kru Kotga: Promosi apa yang akan dijalankan UniPin untuk menjaga kesetiaan pelanggan di tahun 2017?

UniPin: Untuk event, yang sudah pasti akan terus jalankan bersama rekan-rekan media, internal juga akan kami buat, dan bersama dengan partner publisher game. Total yang diselenggarakan setiap bulan itu minimal ada 50 event, sudah termasuk yang digelar bersama media dan lainnya.


Alvin Gunawan

Kru Kotga: Game online apa sih yang paling rame menurut statistik penjualan voucher di UniPin?

UniPin: Paling rame ya. Sepertinya mayoritas masih Point Blank (Garena Indonesia), kemudian Steam Wallet Gift Card untuk game DOTA 2, dan baru-baru ini yang terasa banget adalah Ragnarok Online Gravindo. Dari tim customer service juga banyak yang menerima telepon dan e-mail untuk menanyakan cara top-up ke Ragnarok Online Gravindo.

Kru Kotga: Di antara sekian banyak Gift Card, mana yang paling laris dibeli oleh pelanggan?

UniPin: Steam Wallet ya, yang kedua itu voucher Google Gift Card, yang ketiga iTunes, dan "kawan-kawan".

Kru Kotga: Apakah UniPin sudah mendukung e-Sports Indonesia? Dalam wujud apa?

UniPin: Ketika masuk ke kantor UniPin, setelah pintu masuk ada jersey Guardian Force. Itu salah satu tim e-sports yang UniPin dukung. Kemudian ada Female Fighters dan Bekasi Trinity. Saat ini baru ada tiga, nanti akan ada satu lagi. Namun yang keempat masih dalam proses. Jadi totalnya ada empat tim e-sports yang kami support. Supportnya itu dalam bentuk UniPin Credits untuk keperluan latihan dan beli-beli game.


Ki-ka: Ferdinan dan Susilowati

Kru Kotga: Bagaimana caranya atlet e-Sports Indonesia untuk mendapat sponsor dari UniPin?

UniPin: Kriteria mendapat dukungan dari UniPin, sebenarnya bahkan tim baru saja pernah kami dukung. Namun kami lihat juga potensinya, lalu keseriusannya sebab banyak tim yang baru dibuat itu sekali dua kali tampil lalu bubar. Kami akan support yang sudah konsisten.

Biasanya kami minta proposal dari tim e-sports yang isinya apa saja pencapaian yang sudah mereka raih. Nanti kami akan memeriksa apakan mereka layak untuk didukung berdasarkan berbagai pendapat, khususnya mengenai attitude mereka. Apabila visi dan misinya sama, biasanya akan kami support.

TAGS



(Total View : 101436)
rekomendasi terbaru



Most Popular Feature
Tidak ada berita terpopuler