Review

Review ROG Zephyrus G14 AW SE

oleh: Billy Mariza

Halaman 1

Di dunia yang serba modern ini, setiap device dituntut untuk menjadi semakin fleksibel dan efisien. Begitu juga dengan laptop gaming, device ini biasanya menawarkan gaming dengan performa kencang di manapun dan kapanpun.

Namun, meski sudah banyak laptop gaming bertebaran di pasaran, kebanyakan masih memiliki kelemahan pada dimensi yang terlalu besar dan bobot yang cukup berat sehingga kurang nyaman ketika dibawa untuk main di luar rumah.

Karena itulah, ASUS membuat seri ROG Zephyrus G14 yang diklaim ringkas dan powerfull. Ini bukan klaim semata karena laptop ini punya dimensi body yang cukup ringkas dengan layar 14 inci yang sudah 120Hz yang mendapat banyak review positif dan sekarang mereka kembali dan membawakan kolaborasi yang tak kalah unik dengan salah satu DJ ternama Alan Walker.


Sumber: KotakGame.com

Dengan begitu inilah dia ASUS ROG Zephyrus G14 AW SE atau mungkin bisa panjangkan menjadi Alan Walker Special Edition.

Laptop ini juga hadir dengan AMD Ryzen 5000 series, prosesor dengan kode nama Renoir ini dibuat menggunakan arsitektur Zen 3 yang diklaim memang untuk prosesor laptop Gaming. Karena itulah maka laptop gaming ini bisa tampil dengan desain yang ringkas, namun tetap powerfull. Apalagi Zephyrus G14 menggunakan kartu grafis NVIDIA RTX 30-series yang sudah banyak diketahui gamer di dunia sebagai kartu grafis dengan performa tangguh.

Biasanya, laptop gaming memiliki desain mentereng dengan kelap-kelip lampu RGB yang menghiasi sebagian besar desainnya. Namun, Zephyrus G14 AW SE mencoba menawarkan hal baru yang lebih elegan melalui fitur AniMe Matrix, mini LED yang berada di bagian cover laptop yang bisa dikustomisasi dengan teks atau gambar. Fitur ini membuat G14 AW SE terlihat stylish dan belum pernah ada di laptop manapun.

Main Spec. ROG Zephyrus G14 AW SE
CPU AMD Ryzen™ 9 5900HS Processor 3.1 GHz
GPU NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 Ti Laptop GPU
RAM 8GB x 2 DDR4 3200MHz
Memori Penyimpanan 1TB NVMe SSD
Display 14-inch, QHD (2560 x 1440) 16:9, anti-glare display, DCI-P3: 100%, Refresh Rate: 120Hz, IPS-level, Pantone Validated
Port 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC
Networking Wi-Fi 6 (802.11 ax), Bluetooth 5.2
Kapasitas baterai 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Power Adapter 180W AC Adapter, Output: 20V DC, 9A, 180W, Input: 100~240V AC, 50/60Hz universal
OS Windows 10 Home
Harga Rp 29,999,000

Desain Ringkas, Futuristik, dengan Sentuhan Alan Walker di Berbagai Sisi! Anime Matrix Full Kustomisasi!




Sumber: KotakGame.com

Pertama kali melihat desainnya, Zephyrus G14 AW SE mengingatkan kami dengan seri Macbook yang selalu identik dengan logo Apple yang dapat menyala di bagian cover. Apalagi, varian yang kami review ini berwarna Eclipse Grey (ada varian berwarna Moonlight White). Laptop ini mencoba membuat desain yang mudah dikenali dan mampu diingat setiap orang karena AniMe Matrix yang tersemat secara diagonal pada cover-nya.


Sumber: KotakGame.com

AniMe Matrix yang menyematkan 1.215 mini LED pada cover ini mampu menampilkan berbagai tulisan maupun gambar yang dapat dikustomisasi sesuai keinginan melalui Armoury Crate. Menariknya pada versi yang terbaru ini tidak menampilkan warna putih, namun Spectral Blue. Bahkan, tak hanya gambar, tapi juga animasi bergerak. Tentu saja ini akan membuat impresi setiap orang yang pertama kali melihat akan merasa bahwa ini adalah laptop yang stylish.

Baca ini juga :

» FIFA 22
» Kitaria Fables
» ROG Strix G15 Advantage Edition
» Tales of Arise
» ROG Zephyrus M16
Cara mengatur AniMe Matrix cukup mudah, karena telah terintegrasi dengan software Armoury Crate yang biasanya ada di laptop gaming ASUS. Kamu bisa menggunakan preset yang sudah ada atau bisa juga mengkustomisasi kata ataupun kamu juga bisa menambahkan gambar sendiri dengan format PNG.

Zephyrus G14 dilapisi dengan bahan magnesium-aluminium alloy yang membuatnya tetap ringan, tetapi tetap kokoh dan pastinya tidak mudah kotor karena bahannya tahan dari bekas sidik jari.


Sumber: KotakGame.com


Sumber: KotakGame.com

Karena ini merupakan produk kolaborasi antara ROG dan Alan Walker, kamu akan melihat sebuah garis line yang terbuat dari Webbing Katun bertuliskan x Alan Walker. Sebuah emblem ROG x Alan Walker di sudut kiri, serta tulisan yang sama di bagian bawahnya. Bener-bener deh!

Port Type-C yang dapat Digunakan sebagai Port Charge




Sumber: KotakGame.com

Beralih ke bagian samping, seperti biasa kita akan menemukan beragam port, mulai dari HDMI 2.0b, kemudian USB 3.2 Gen 2 Type-C dengan DisplayPort 1.4 dan Power Delivery yang dapat digunakan untuk charge baterai laptop dengan menggunakan adaptor 65 Watt, dan sebuah headphone jack 3.5mm di bagian kiri laptop.


Sumber: KotakGame.com

Pada bagian kanan laptop, kita juga akan disuguhkan berbagai port, seperti Kensington Lock, dua buah USB 3.2 Gen 1 Type-A dan satu buah USB 3.2 Gen 2 Type-C. Di kedua sisi samping ini juga dilengkapi dengan lubang sirkulasi udara yang akan menambah ruang untuk menjaga suhu dari laptop agar tidak cepat panas.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview