NEWS

OpenAI Pemilik ChatGPT Kenalkan Sora, AI Yang Bisa Generate Video Cuma Dari Text Doang

Rahmat Handiko    |   Sabtu, 17 Feb 2024


Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

Makin update dengan berita game dan esports! Yuk subscribe ke channel YouTube KotakGame DI SINI dan Instagram KotakGame DI SINI! Bakal ada banyak FREE GIVEAWAY Diamonds, UC, PS4, gaming peripheral, dan lainnya!

OpenAI, yang mencapai popularitas melalui keberhasilan ChatGPT tahun lalu, kini membawa teknologinya ke dalam domain video. Perusahaan tersebut meluncurkan Sora, model AI generatif terbarunya. Sora memiliki fungsionalitas yang mirip dengan AI generative gambar OpenAI, DALL-E. Pengguna dapat mengetikkan deskripsi adegan yang diinginkan, dan Sora akan menghasilkan klip video dengan definisi tinggi sesuai permintaan. Selain itu, Sora dapat menghasilkan video berdasarkan gambar diam, melakukan perbaikan pada video yang ada, atau mengisi frame yang kosong.

Pertumbuhan teknologi generatif menuju video menjadi langkah selanjutnya setelah chatbot dan generator gambar sukses memasuki dunia konsumen dan bisnis. Meskipun para penggemar kecerdasan buatan dapat terkesan dengan peluang kreatifnya, perlu dicatat bahwa teknologi baru ini membawa risiko serius terkait misinformasi. Data dari Clarity, perusahaan machine learning, menunjukkan peningkatan 900% dalam pembuatan deepfake oleh AI dari tahun ke tahun.

Baca ini juga :


» OpenAI Rilis ChatGPT Versi Terbaru GPT-4o, Lebih Pintar dan Gratis Untuk Semua Pengguna!
» Elon Musk Pastikan xAI Grok Chatbot Bakal Open Source, Buat Saingi OpenAI yang Menurutnya Tidak Open
» Openai Upload Blog Post Buat Counter Tuntutan Elon Musk! Tanggapan Elon Musk: Ganti Nama sana!
» Elon Musk Gugat OpenAI Karena Nyari Untung! CSO OpenAI: Dia Nyesel Aja Karena Ga Ikut Lagi
» Adobe Sedang Kembangkan AI Baru GenAI Control yang Bisa Generate Musik Cuma Dari Input Teks!

Dengan meluncurkan Sora, OpenAI berambisi untuk bersaing dengan alat AI generasi video dari perusahaan seperti Meta dan Google, yang mengumumkan Lumiere pada bulan Januari. Perusahaan lain seperti Stability AI dan Amazon juga telah merilis produk serupa. Saat ini, Sora memiliki batasan durasi video satu menit atau kurang. OpenAI, yang mendapat dukungan dari Microsoft, menganggap multimodalitas, yaitu penggabungan teks, gambar, dan video sebagai fokus utama dalam upayanya untuk menyediakan rangkaian model AI yang lebih luas.

COO OpenAI, Brad Lightcap, menjelaskan, "Dunia ini multimodal. Jika Anda mempertimbangkan cara kita memproses dan berinteraksi dengan dunia, melibatkan penglihatan, pendengaran, dan perkataan. Dunia ini lebih kompleks daripada sekadar teks, dan bagi kami, satu-satunya antarmuka yang lengkap adalah yang menyatukan berbagai modalitas."

Meskipun Sora baru tersedia untuk sekelompok kecil penguji keamanan, atau "red teamers", perusahaan berencana untuk merilis demonstrasi publik dan makalah teknis pada hari Kamis. OpenAI juga sedang mengembangkan "pengklasifikasi deteksi" untuk mengidentifikasi klip video yang dihasilkan oleh Sora dan berencana menyertakan metadata yang membantu mengenali konten buatan AI. Sora, seperti ChatGPT, menggunakan arsitektur Transformer dan diharapkan menjadi landasan untuk model AI yang dapat memahami dan mensimulasikan dunia nyata.



Selain berita utama di atas, KOTAKGAME juga punya video menarik yang bisa kamu tonton di bawah ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru